2 Alat Analisis Trafik Blog yang Saya Gunakan

Meskipun konten blog sekedar berisi curhatan atau keresahan hidup Anda yang mungkin sepele, tapi berbicara mengenai pengunjung jangan sampai diremehkan. Salah satu penyebabnya karena kita tidak pernah tahu, akan sebesar apa nantinya blog pribadi tersebut. Apalagi kalau dirawat dengan baik. Josss.

Orang nulis blog cinta-cintaan saja, akhirnya bisa jualan buku di blognya. Apalagi kalau pengunjungnya ramai dan setia. Tambah laku lagi.

Tapi saya kan ngeblog bukan untuk jualan!?

Kalau yang ngomong anaknya Donald Trump, mungkin saya akan percaya. Tapi, kalau modelnya seperti saya yang masih ngimpi dapat durian runtuh, lain lagi ceritanya. No. No. No. I know blogging is not just for money. Cuman yah, kalau memang memungkinkan - anggap saja bonus. Gak baik loh nolak rejeki.

Baca juga: Cara Memindahkan Tulisan dari Word ke Blogspot

Nah bagi para pekerja online, tentunya untuk menganalisis seramai apa blognya dibutuhkan setidaknya 1 alat untuk menginformasikan kepada kita darimana saja datangnya pengunjung tersebut, seperti apa perilakunya ketika berada di dalam blog kita dan seterusnya. Dan, alat ini pulalah yang nantinya bisa dijadikan salah satu cara membuat strategi pengembangan blog kedepannya.

Berikut ulasan singkat mengenai kedua alat analisis yang saya gunakan.

1. Google Analytics

Yang ini sangat disarankan bagi Anda untuk digunakan kala benar-benar ingin memonitor perkembangan trafik. Selain gratis, ini juga salah satu produk Google bagi penggunanya. Saya tidak akan terlalu jauh membahas ini. Cuman gini. Kita sudah tahu bahwa mesin pencari termashyur di dunia itu siapa yang pegang. Dan bagaimana pun juga, kelengkapan fitur yang dimilikinya pasti melebihi yang lainnya. Ingin melakukan evaluasi blog secara sederhana disini sangat bisa. Kalau pengen berpusing-ria pun ia sangat mumpuni.

2. Histats

Saat Anda membaca tulisan ini, saya baru saja melakukan pendaftaran dan menggunakannya selama sekitar 5 jam yang lalu. Menariknya, histats ini tampilannya lebih sederhana dibanding Google Analytics. Namun, untuk kebutuhan dasar dalam menganalisis pengunjung blog sangatlah bisa dijadikan tolok ukur. Pastinya, yang buat juga gak mungkin asal-asalan. Salah satu hal yang membuat saya tertarik juga sebenarnya adalah tampilan bawaannya ketika sudah mendaftarkan blog disana. Berbeda dengan milik Google yang terkesan monoton dan terkadang sangat berat ketika diakses menggunakan hp. Soalnya, untuk saat ini memang hp lah alat saya untuk ngeblog karena laptop lenovo saya rusak.

Dari kedua instrumen diatas, Anda sudah mengetahui akan menggunakan yang mana, kan? Sederhananya, kalau ingin "sekedar tahu" mengenai jumlah pengunjung dan beberapa variabel lainnya, mungkin histats bisa menjadi pilihan. Namun, jika lebih dari itu.... Jangan sampai tidak menggunakan Google Analytics.

Bagaimana pendapat Anda?

Comments