Eh, Domain Authority Blog Ini Sudah 3 Aja

Domain Authority (DA) blog hamsulbasri.com ini tahu-tahu sudah sampai angka 3 aja dari total atau skor tertinggi yaitu 100.

Meningkatkan skor DA blog

Tentu saja masih sangat rendah. Dan memang perjalanan untuk mencapai skor maksimalnya sangatlah sulit. Bahkan tidak banyak situs di dunia mampu mencapai skor tertinggi ini.

Tidak mudah, Jenderal!

Saya sendiri tidak muluk-muluk menargetkan untuk mencapai skor tertentu. Biarkan saja blog ini berjalan apa adanya. Terlebih metrik tersebut bukanlah resmi dikeluarkan oleh mesin pencari, namun justru oleh situs yang bernama MOZ yang toolsnya banyak digunakan dan direkomendasikan oleh blogger dan webmaster di seluruh dunia.

Tapi mungkin saja tetap bisa digunakan untuk menganalisis dan mengevaluasi pengelolaan blog yang saya dan Anda lakukan.

Saya akui bahwa saya cukup senang dengan skor DA saat ini. Dari yang awalnya sebagai fresh domain dan secara otomatis memiliki skor 1, sekarang malah meningkat. Dan mungkin saja trend perkembangan ini akan tetap terjadi di masa yang akan datang. Semoga.

Selain karena adanya peningkatan ini, sebelumnya juga saya tidak pernah memeriksa dan mengetahui bahwa skor awal berubah menjadi 2. Apalagi saya sendiri beli nama domain blog ini karena egois. Apa langsung main "loncat" saja ya ke angka 3 ini?!

Hanya Tuhan dan MOZ yang tahu. Pun sejak kapan ini berubah, saya juga tidak paham.

Yang penting saya senang dengan adanya indikator perkembangan terhadap otoritas domain blog ini.

Dari berbagai sumber, mengatakan bahwa untuk meningkatkan skor DA bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Seperti frekuensi publikasi konten berkualitas, umur domain, optimasi mesin pencari (SEO), backlink berkualitas dan seterusnya.

Tapi lagi-lagi, saya tidak mau repot dengan semua hal itu dalam mengelola blog ini. Bisa posting sekali dalam sehari saja sudah sangat senang bagi saya.

Terkadang juga secara diam-diam memeriksa DA blog lain menggunakan Open Site Explorer dari MOZ ini. Apalagi jika sedang kurang kerjaan. Dan, banyak yang telah mencapai hingga skor puluhan. Biasanya dibawah skor 50.

Jika skor puluhan tersebut bisa didapatkan blog ini, jangan-jangan saya malah akan mengajak orang sekampung untuk syukuran.

Tapi, biarlah.

Untuk saat ini sudah lebih dari menyenangkan bisa menikmati dunia blogging.

Toh saya yakin bahwa kemungkinan besar, blogger lain telah berusaha sekeras mungkin siang dan malam selama berbulan-bulan dan juga tahunan. Yang pasti usahanya jauh melebihi dari apa yang saya terapkan terhadap blog ini.

Salut deh pokoknya.

Yang jelas, saya cukup menikmati pencapaian skor saat ini. Dan hal tersebut tidak bisa saya pungkiri. Terlebih ini merupakan yang pertama kalinya.

Kasihan ya.

Lalu bagaimana dengan Anda. Apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan skor DA blog? Atau jangan-jangan masih bertahan di angka 1?!

Comments