Yang Unik Dari Fetch As Google di Search Console

Tepat sehari sebelumnya (Jum'at 30 November 2018), saya akhirnya memutuskan mempublikasikan artikel pertama di blogspot yang sudah cukup lama saya buat.

Meskipun tidak terurus dan bahkan puluhan artikelnya sudah saya hapus, sayang saja kalau tidak dimanfaatkan. Lumayanlah karena DA nya sendiri sudah 12.

Setelah saya menghapus puluhan artikel tersebut, pengaturannya saya set menjadi private dimana tidak ada pengguna lainnya yang bisa mengakses atau membukanya selain saya sendiri. Kalau pengguna blogspot, kebanyakan pasti tahu caranya.

Beberapa bulan yang lalu, akhirnya saya putuskan untuk go public kembali meskipun tidak ada artikel sama sekali. Kebutuhannya hanya agar diindex lagi sub-domainnya. Entah akan digunakan lagi atau tidak, pokoknya nantilah. Sayang aja DA nya sudah 12. Kan lumayan.

Akhirnya pada hari Jum'at tersebut, saya memutuskan untuk mempublikasikan salah satu artikel yang sudah saya siapkan.

Bodohnya saya, saya belum memeriksa apakah domainnya sudah diindex atau belum dengan mengetikkan site:namadomain.blogspot.com. Hal itu justru saya lakukan setelah artikel telah berhasil diterbitkan.

"Lah, ngapain publish konten kalau sub-domainnya belum di-index?"

Awalnya saya juga berpikiran demikian. Tapi akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan fitur "Fetch As Google" yang sudah terbukti mampu memproses indeksasi URL hanya dalam hitungan beberapa menit sesuai pengalaman saya.

Dan benar saja, saya langsung memanfaatkan fitur tersebut. Dan, booooommmm!!! URL tersebut sudah muncul di mesin pencari Google.

Hanya dalam 1 atau 2 menit ketika selesai menggunakannya, saya mengecek apakah url yang barusan saya fetch as Google tersebut berhasil muncul. Dan ternyata bukan kaleng-kaleng.

Namun lucunya adalah, ketika mengecek sub-domain/homepage kembali, kok masih belum ada juga ya di serp!?

Bagi saya tentu saja ini unik. Masa sub-domain utamanya tidak muncul sama sekali sementara salah satu URL sudah berhasil mejeng di Google? Mengenai itu, saya belum mencari tahu lebih jauh karena kebutuhan saya sudah tercapai dengan terindeksnya url artikel.

Saat pembuatan blogspot baru, biasanya untuk mengindex sub-domainnya secara alami tanpa kita melakukan langkah apapun adalah selama 2 atau 3 hari menurut pengalaman saya. Entah apakah Fetch As Google tersebut akan memberikan hasil yang sama untuk URL baru dari sub-domain baru tersebut, saya belum tahu. Tapi silahkan saja mencobanya.

Comments