Jumlah Artikel dan Pengunjung Blog Ternyata Ngaruh Loh

Ketika baru membuat blog dan mengisinya dengan beberapa artikel, sepengalaman saya kita belum bisa banyak berharap untuk mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari. Apalagi baru beberapa hari/minggu. Belum lagi kalau masih menggunakan blogspot.

Ini murni saya alami tanpa optimasi seperti nyari backlink dan sebagainya.

Satu-satunya yang saya lakukan sekedar menulis, dan bahkan tanpa mengetahui tingkat persaingan keyword dari artikel yang telah diterbitkan.

Jadi, semakin banyak kuantitas artikel, semakin berpeluang juga blog Anda untuk mendapatkan jumlah pengunjung.

Yang penting jangan keseringan aja memonitor trafik. Takutnya nanti malah kecewa dan semangat menulis justru berkurang. Bahkan, berhenti sama sekali karena kekecewaan tersebut. Padahal penyebabnya adalah kemampuan kita sendiri yang masih kurang.

Baca juga: 2 Alat Analisis Trafik Yang Saya Gunakan

Berhari-hari, minggu hingga bulanan ketika ngeblog, umur blog juga akan semakin bertambah. Biasanya, saat telah mencapai 1 bulan, blog tersebut perlahan-lahan meningkat pula visitornya yang berasal dari mesin pencari.

Enaknya kalau telah memiliki banyak artikel di blog, misalnya sudah 30an keatas, setidaknya dari 1 pengunjung akan berpeluang untuk meningkatkan jumlah tayangan halaman (pageview-pv). Semakin sering berlama-lama, semakin bagus juga perkembangan blog tersebut.

Setidaknya itu merupakan satu trend positif bagi Blog.

Perkembangan kuantitas artikel juga sepertinya akan berpengaruh terhadap variasi kata kunci dalam blog dan artikel Anda. Saya pernah nyoba untuk menargetkan keyword tertentu pada suatu artikel, ternyata artikel tersebut malah dikunjungi dengan bersumber dari kata kunci lain yang juga ada didalamnya. Kata kunci utama malah belum memiliki kekuatan sama sekali di blog saya tersebut. Lucunya lagi, keyword tersebut bukan pula turunan atau sinonim dari apa yang saya targetkan.

Saya sih gak begitu tahu bagaimana Google bekerja. Belum begitu mendalaminya. Namun, memang seperti itu yang saya alami tatkala menggunakan blogspot.

Namun, ada juga yang hanya bermodalkan tidak sampai 10 artikel tapi mampu menggaet ribuan pengunjung per hari. Itu juga masuk akal. Mungkin memang judulnya menarik dan berisi kata kunci, penulisan artikelnya pun sangat berkualitas dimana hal ini masih tetap saya pelajari hingga sekarang. Dan beberapa sebab lainnya yang belum saya ketahui.

Yang pasti, berkaca dari pengalaman pribadi, memang baru beberapa pengunjung saja yang bisa saya dapatkan dari Google. Senang sih iya, apalagi belum menyebarkan tulisan tersebut di media sosial.

Hitung-hitung eksperimen. Kali aja ada pengetahuan baru yang bisa didapatkan.

Ente gimana?

Comments