Kenapa Iklan Tipe Auto Ads di Blog Saya Tidak Tayang?

Semalam sebelumnya, saya memutuskan mengganti tampilan (template) blog ini dari template premium yang saya beli dengan salah satu template bawaan dari blogger seperti yang terlihat saat ini.

Tidak ada yang saya lakukan seperti mem-backup template sebelumnya dan lain-lain. Termasuk kode-kode iklan dari Google Adsense tidak saya cadangkan karena memang gak penting juga sepertinya.

Toh masih bisa di copy lagi di akun Google Adsense-nya. Dan memang itu yang saya lakukan.

Yaitu login dan menentukan tipe iklan seperti apa yang ingin saya tampilkan. Setelah itu, biasanya akan muncul kotak dialog mengenai kode iklan yang akan dipasang.

Mengenai jenis iklan Auto Ads Google Adsense ini, sepanjang yang saya ingat, belum pernah sekalipun menggunakannya. Dan setelah mengganti template blog ini, akhirnya keputusan jatuh pada penggunaan Auto Ads.

Salah satu alasannya adalah, biasanya kalau template premium, ada barisan kode khusus mengenai penempatan iklan. Kalau di template yang saya pakai sebelumnya, sepertinya ada 3 lokasi penempatan iklan. Dan karena pembuat templatenya adalah juga orang Indonesia, jadi bahasa atau petunjuk pada barisan kode tersebut juga menggunakan bahasa indonesia.

Berbeda dengan template bawaan blogger. Saya benar-benar tidak tahu dimana akan menempelkan kode iklan yang sudah ada selain petunjuk pada bagian di bawah atau setelah kode <head>.

Sejauh itu saja yang saya tahu!

2 hal penting yang menjadi perhatian saya tentang jaringan periklanan Google ini adalah bagaimana saya bisa diterima dan memiliki akun Google Adsense secara legal (tidak beli akun karena memang dilarang) dan juga bagaimana memasangnya.

Itu saja!

Mengenai bagaimana mengoptimasi dan sebagainya, saya tidak tahu sama sekali.

Nah. Masalah (setidaknya begitu saya menganggapnya) kemudian muncul. Dimana setelah saya telah selesai menempelkan kode iklan Auto Ads di template baru, beberapa jam kemudian tidak ada satu pun iklan yang muncul.

1, 2, 3 jam dan seterusnya, tidak ada satu tanda pun bahwa iklan telah tayang dari kode yang sudah saya terapkan.

Sampai saya buka kembali akun Adsense-nya sambil mikir jangan-jangan sudah di banned dan ternyata tidak. Namanya juga masih kurang pengetahuan dan pengalaman, jadi mikirnya kemana-mana.

Sampai akhirnya saya pun mencari informasi terkait isu tersebut hingga tutorial bagaimana mengatasinya. Bahkan ada yang menyarankan dalam tulisannya untuk menambahkan kode tertentu setelah skrip iklan yang ada. Tapi tetap, saya tidak mau mengikuti saran tersebut karena mana mungkin ia bisa lebih tahu dibandingkan dengan pihak Google Adsense sementara pihak GA sendiri tidak pernah menyarankan kode tersebut. Setidaknya dari informasi yang saya akses, tidak ada tambahan kode sebagaimana yang dimaksudkan.

Lalu apa yang saya lakukan? Cuek saja! Permasalahan tersebut saya tinggal tidur daripada pusing.

Kode iklannya tidak saya buka, masih tertata rapi dibawah kode <head>.

Akhirnya malam ini setelah beberapa menit membuka blog, eh ternyata iklan sudah muncul dengan baik tanpa kurang satu apapun.

Entah sejak jam berapa pertama kali tayang, saya tidak tahu menahu. Dan saya akhirnya berkesimpulan bahwa segala sesuatu butuh waktu. Entah itu 5 jam, semalam atau sampai kapanpun. Sayanya saja yang terlalu tergesa-gesa pengen iklan langsung tampil. Tanpa ada kesadaran bahwa sistemnya bisa saja ada kendala atau apapun. Pokoknya butuh waktu, secanggih dan sepopuler apapun jaringan periklanannya.

Setidaknya ini juga menjadi pengalaman yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya.

Copy kode iklan - Paste di editor template - Tunggu.

Itu saja!

Comments

  1. oh, jadi ngerti deh…. terima kasih mau berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  2. Biasanya ketika kode iklan "baru" dipasangkan ke dalam blog, tidak otomatis iklan langsung tayang. Butuh waktu bisa sejam dua atau lebih untuk iklan tampil.

    Mungkin juga mesin Google kan butuh waktu untuk menelusuri dan menentukan iklan apa yang tepat. Entah yah, karena saya tidak tahu pasti tentang itu. Hanya berdasarkan pengalaman saja. Bukan hanya auto ads, tetapi juga kode-kode iklan lainnya.

    Kalau kode iklan lama, kalau sekedar pindah lebih cepat tampilnya

    Keep blogging yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak Anton. Saya memang tidak begitu paham mengenai Google Adsense. Pas daftar juga gak begitu membaca aturan dan sebagainya karena memang bukan atau belum menjadi salah satu target penghasilan. Tapi saya rasa dengan apa yang pak Anton katakan, entah itu 1 atau 2 jam, saya semakin yakin bahwa memang sistem juga butuh waktu.

      Saya kok senang ya dengan kunjungannya? Hahaha. Inshaallah mudah-mudahan bisa tetap nge-blog. Sehat selalu untuk Anda sekeluarga.

      Delete

Post a Comment

Ada yang ingin disampaikan? Silahkan via komentar berikut ini.