4 Jenis Aplikasi Untuk Mendukung Produktivitas Ketika Ngeblog Menggunakan Handphone

Sepertinya sulit menghindari kegiatan ngeblog dengan tidak menggunakan handphone sama sekali. Saat saya masih memiliki laptop pun, tetap saja membutuhkan hp untuk kegiatan ini. Apalagi jika dalam perjalanan seperti liburan. Masa iya bawa laptop ke pantai. Meskipun tetap bisa, resikonya ya repot.

Lain halnya jika ingin tetap mempublikasikan tulisan di blog. Apalagi untuk mengupdate berita terbaru dari lokasi Anda saat ini.

Tentunya, keberadaan aplikasi hp untuk blogging ini bisa sangat membantu. Meskipun dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki ponsel seperti tulisan sebelumnya, namun pada suatu titik bisa saja ini menjadi prioritas.

Aplikasi Handphone Untuk Mendukung Kegiatan Ngeblog

Dari berbagai apk yang ada, ada beberapa yang baru dan telah saya gunakan sebelumnya. Aplikasi tersebut saya bagi dalam beberapa kategori sebagai berikut.

1. Platform blog

Ada 2 platform blog yang sering saya gunakan dan memang aktif disana yaitu Blogger dan Wordpress. Kedua penyedia tersebut kemungkinan sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan blogger. Dengan memasang aplikasi keduanya via Play Store, ini cukup memudahkan saya terutama dalam pembuatan draft artikel tatkala mendapatkan ide.

Selain gratis, penggunaannya yang mudah juga menjadi pertimbangan. Sangat berbeda dengan tampilan browser hp yang cukup menyusahkan. Terlebih jika mengaturnya dalam tampilan desktop.

Secara pribadi, keberadaan aplikasi tersebut sangat mendukung fungsi penulisan dengan ketersediaan format dalam fiturnya. Terlebih lagi, saya yang fokus pada publikasi konten yang dominan isinya adalah tulisan.

2. Aplikasi dokumen/office

Ada beberapa yang saya gunakan yaitu Google Doc, WPS Office, dan Notepad. Ketiganya berfungsi untuk menyiapkan artikel yang kemudian tersimpan dalam folder draft di hp. Jika ingin menggunakan salah satu juga tidak masalah. Kalau satu saja cukup, kenapa harus 3?

Pada satu waktu kadang saya menginginkan tampilan sederhana dan waktu lainnya membutuhkan format penulisan yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung pemformatan tulisan. Jadi, saya sendiri memasang ketiga-tiganya.

3. Aplikasi untuk pengeditan foto

Selain memakai aplikasi bawaan dari hp Android yang biasanya dapat diakses dengan mudah saat menampilkan gambar, menggunakan aplikasi lainnya juga untuk standar saya sendiri sangat dianjurkan.

Dalam hal pengeditan gambar, terdapat 3 aplikasi yang saya pakai yaitu Snapseed, Adobe Photoshop Express, dan Pixlr. Lagi-lagi, jika ingin memakai salah satu saja, silahkan. Toh, kadang saya menggunakannya juga untuk eksis di sosial media. Makanya ada 3. Mengenai fungsi, biasanya dalam ngeblog harus mendukung fungsi cropping dan adanya fitur penambahan elemen grafis seperti tulisan.

Namun, tak hanya itu saja. Karena hasil pengambilan kamera memiliki kapasitas bahkan sampai pada ukuran MB (MegaByte), maka aplikasi pendukung lainnya adalah bagaimana agar ukurannya bisa berkurang agar tidak memperlambat loading blog. Dalam hal ini saya menggunakan Photoczip yang sangat berguna dalam hal compress (mengurangi kapasitas) dan resize (mengubah dimensi gambar).

4. Analisis pengunjung blog

Sebelumnya saya pernah mempublikasikan mengenai 2 alat analisis trafik blog. Silahkan baca bagi yang belum. Meskipun ada dua, untuk aplikasi hp saya hanya memasang satu saja yaitu Google Analytics. Dan, hingga saat ini belum meng-install aplikasi terkait lainnya. Tentunya sudah jamak yang mengetahui aplikasi ini. Terutama untuk sekedar melihat berapa pengunjung pada waktu yang bisa Anda tentukan sendiri dan berasal dari mana saja visitor tersebut. Asal jangan keseringan digunakan. Berbelas kasihanlah pada kuota Anda.

Baca juga ini: Jumlah artikel dan jumlah pengunjung blog

Jika ada kesempatan, salah satu atau beberapa aplikasi yang mendukung produktivitas blogging diatas akan dibahas secara terpisah. Jadi, silahkan dicoba dulu.

Kalau ada aplikasi lainnya yang juga belum saya ketahui, silahkan bagi dengan pembaca lainnya juga via komentar dibawah. Dan, jangan lupa untuk share artikel ini.

Terima kasih.

Comments