Teknisi Reparasi AC di Bali

Pada dasarnya, setiap pekerjaan itu penting. Selalu ada yang membutuhkan, apalagi yang bergerak di bidang jasa.

Beberapa bulan yang lalu, saya bersyukur bisa berkenalan dengan teknisi reparasi AC di Bali. Namanya pak Hadi. Kalau tidak salah, beliau berasal dari Banyuwangi.

Waktu masih tinggal di rumah kontrakan teman, AC di rumah tersebut kerap membutuhkan perbaikan dan juga perawatan. Langganannya ya di pak Hadi tersebut.

Suatu malam setelah selesai memperbaiki AC, seperti biasa saya masih duduk santai depan teras rumah sambil mengakses informasi di internet. Entah apa yang saya buka, saya sudah lupa dan juga sepertinya tidak begitu penting untuk disampaikan.

Pak Hadi keluar dan entah bagaimana mulanya, akhirnya pembicaraan cukup membuat lupa waktu. Mungkin sekitar sejam atau dua jam-an dan malah ngomongin tentang blog, website dan juga SEO.

Hal yang belum bisa saya lupakan adalah beliau menanyakan bagaimana langkah mengoptimasi websitenya yang tentunya membuat saya cukup kaget, bagaimana bisa seorang yang biasanya disebut sebagai tukang AC oleh kebanyakan orang (sepertinya loh ya) tahu mengenai dunia website apalagi hingga SEO?

Kesan pertama saya tentu saja tidak hanya sekedar dikagetkan mengenai informasi tersebut, namun juga kagum mengenai bagaimana ia akan mengembangkan jasa yang ia miliki. Serius, mungkin beliau adalah teknisi AC pertama yang saya kenal dan juga yang pertama yang saya tahu membuat website khusus untuk memasarkan jasanya.

Dari pengakuannya, website tersebut dibangun oleh kenalannya di Banyuwangi. Bermodalkan uang senilai 1 jutaan kalau tidak salah untuk membantunya membuatkan web tersebut.

Alhasil, hadirlah situs balilancartehnik.id.

Yang saya tahu, peranan backlink cukup memiliki pengaruh yang signifikan dari sisi off-page untuk mengoptimasi website. Dan beliau pun mengiyakan. Meskipun itu hanyalah salah satu dari sekian banyak yang bisa dilakukan untuk mulai membangun situs yang berdaya saing di mesin pencari. Saya tidak ingin berbicara jauh mengenai hal ini karena pengetahuan dan pengalaman juga masih terlampau sedikit.

Hal yang membuat saya salut terhadap beliau tidak hanya sekedar pengetahuannya yang sudah sangat sadar terhadap apa yang kebanyakan pegiat online sebut sebagai salah satu strategi online marketing, namun juga sudah sampai mengeluarkan modal dalam pembuatannya. Dan jujur, berapa banyak pemilik jasa seperti beliau yang kamu kenal hingga memiliki website seperti ini?

Yang jelas, mau dilihat dari sisi manapun, kalah saya sama beliau. Dan semoga hal tersebut tetap bisa memotivasi saya meskipun masih kebingungan mengenai keahlian apa yang sebenarnya saya miliki.

Entah seperti apa perkembangan situs tersebut saat ini, saya belum tahu pasti meskipun beberapa hari yang lalu saya sempat bertemu kembali. Tapi semoga, apa yang telah beliau lakukan bisa membantu perkembangan pengguna jasanya kedepannya. Aamiin.

Comments