Domain Authority Blog Ini Naik 3 Poin Jadi 6

Mungkin ini adalah postingan gak penting tentang blog ini. Beberapa bulan yang lalu, saya pernah mempublikasikan mengenai Domain Authority blog saya yang baru menempati posisi 3/100 berdasarkan metric Moz.

Setelah semalam memeriksanya kembali, ternyata malah sudah naik 3 poin lagi menjadi 6 tanpa saya melakukan apapun selain posting beberapa biji artikel.

Saya yakin, bahwa blogger lainnya tentu mengalami peningkatan yang cukup signifikan mengenai DA blognya masing-masing. Tidak seperti saya yang sebenarnya ranking ini masihlah sangat kecil dari total 100 poin.

Pengalaman saya sebelumnya pada blog lainnya yang saya kelola, dalam menaikkan nilai DA ini sebenarnya salah satu yang cukup powerful adalah dengan membangun backlink di beberapa sosial media dan juga mini blog.

Bahkan blog yang masih memiliki DA dibawah 10, dengan 7-10 share di sosial media tersebut, dalam seminggu bisa naik hingga 2 poin. Hanya modal share link blog atau url postingan saja. Bukan contextual link.

Namun dasarnya memang saya agak keteteran untuk mengurus blog ini, alhasil kegiatan nyari backlink pun belum begitu menjadi prioritas. Dibiarkan begitu saja.

Kedepannya, sepertinya menarik untuk melakukan studi kasus untuk blog ini sebagaimana yang saya lakukan pada blog lainnya dalam menaikkan ranking DA. Semoga ada waktu untuk melakukannya.

Mengenai bagaimana saya mengecek DA, salah satu situs online gratis yang biasanya saya kunjungi adalah checkmoz.com. Tidak perlu daftar apalagi harus membayar. Dan biasanya hasilnya sama dengan versi Moz premium. Biasanya loh ya, karena selama ini tidak ada pernah menemukan perbedaan apapun mengenai hasil cek DA.

Postingan ini saya buat sebenarnya sekedar untuk berbagi pengalaman kepada blogger lainnya yang masih pemula seperti saya. Juga sebagai penanda perkembangan yang telah dicapai blog ini meskipun masihlah sangat sedikit. Apalagi ya tadi itu, jarang terurus!

Tapi setidaknya, semoga hal ini bisa memacu semangat sesama kita bahwa memiliki blog dengan DA yang cukup tinggi apalagi hingga puluhan itu penting. Setidaknya harga jual blog dengan DA 2 dan 10 itu pastilah berbeda, kalau memang mau jual beli blog atau domain.

Terima kasih sudah singgah di blog yang sederhana ini. Silahkan tinggalkan jejak jika memang diperlukan.

Comments