[ASK] Kursus Untuk Membuat Template Blogger Dimana?

Tujuan saya menuliskan ini memang apa adanya sesuai judul diatas. Saya benar-benar pengen tahu dan berharap untuk mulai belajar cara membuat template blogger dari 0 (nol) hingga bisa diupload dan digunakan di blog saya. Yah biar ngerasa keren saja jika menggunakan hasil karya sendiri. Boleh, kan?

Tapi bukan hanya itu saja alasannya.

Saya juga tentunya ingin mencari cara lain dalam menikmati aktivitas ngeblog secara lebih lanjut dan lebih maksimal lagi. Terkait hal ini, menulis sendiri memang sudah bisa memberikan saya kenikmatan tersebut. Pun ketika mengenal beberapa blogger lainnya dan saya mensyukuri semua hal itu.

Bingung mau nyari kursus online membuat desain template blogspot sendiri, euy!

Akan tetapi, pasti akan ada kenikmatan lainnya juga dong ketika berurusan dengan berbagai kode-kode pemrograman website yang akan semakin menambah aktivitas ngeblog saya kedepannya?

Hal ini disebabkan karena tidak ada sedikitpun latar belakang pendidikan saya yang benar-benar berkaitan dengan dunia web design and development. Front-end sama back-end saja saya masih bingung kadang-kadang.

Blogger lain ada beberapa yang menulis tentang bagaimana awalnya bisa belajar sendiri modal baca-baca tutorial hingga benar-benar bisa sendiri. Hanya saja, dasar memang otak saya yang gak nyampe kali ya, proses belajar saya malah lompat-lompat terus dimana kadang yang dipelajari sebelumnya gak ngerti mau dipakai seperti apa.

Untuk menuliskan kode pembuatan template blogspot dari awal sampai selesai secara manual masih sangat membingungkan dan gak tahu bagaimana tahapannya untuk tiap baris sampai benar-benar bisa diaplikasikan.

Dan memang saya ingin belajar secara manual tanpa menggunakan tool semacam website builder dengan hanya modal drag and drop. Pokoknya benar-benar mau menulis kode untuk bisa memahami konsep dasarnya sejak awal.

Kalau untuk platform WordPress, ada beberapa kursusnya yang pernah saya baca baik online maupun offline. Hanya saja, saya benar-benar ingin memulainya dari awal dan paling dasar. Apalagi, kalau menggunakan blogspot bisa secara gratis untuk mengurangi biaya di awal pembelajaran.

Andai saja ada yang buka kursus untuk bisa membuat template blogspot, setidaknya belajarnya pun akan lebih baik terlebih jika ada studi kasus atau contoh desain yang sudah disiapkan untuk kemudian dijelaskan konsepnya dan bagaimana cara membuatnya dari awal.

Jadi, kalau ada yang bisa bantu permasalahan saya untuk ini, mohon info dan sarannya ya. Bisa via komentar maupun menghubungi saya melalui halaman Kontak. Tolong! Mana tahu kalau saya sudah bisa buat sendiri, saya mungkin bisa bagikan template premiumnya sencara gratis atau ngajarin juga yang lainnya. Hihihi.

Lain daripada itu, saya tetap ingin menganggap diri saya sebagai seorang pembelajar. Dan itu berarti bahwa, saya harus belajar terus selama nyawa masih dikandung badan. Untuk saat ini, saya berharap bahwa salah satu proses belajar yang bisa terwujud adalah pembuatan template blogspot ini.

Mungkin akan terdengar aneh dan juga lucu bahkan terkesan bodoh (meskipun memang demikian). Apalagi saat ini dimana perkembangan segala macam alat dan teknologi pembuatan website yang ada sudah sangat memudahkan para penggunanya.

Saya sering banget menemukan informasi mengenai cara membuat desain blog sendiri mulai dari 0 (untuk berbagai platform) tanpa menuliskan sebaris kode apapun. Tidak harus jadi web programmer dulu. Pemula manapun bisa melakukannya.

Hanya saja, bukan hal itu yang saya butuhkan dan belum ada ketertarikan sedikitpun untuk memulainya.

Jika sebagian besar pembuatan desain atau template blogspot bisa dengan hanya modal menuliskan baris kodenya di Notepad saja, kerepotan seperti itu yang lebih saya butuhkan.

Saya tidak mengharapkan segala kemudahan untuk bisa membuat template hanya dalam waktu seminggu atau sebulan saja. Apalagi hanya beberapa hari dan jam.

Jika memang harus setahun-dua tahun bahkan lebih, selama saya bisa mengerti konsep dasarnya dan menerapkan kode HTML, javascripts, CSS dan sebagainya dengan baik dan lancar mulai dari awal, saya berharap bisa menemukan informasi dimana atau pada siapa saya harus belajar.

Terkait biaya, saya juga memang bukan orang kaya. Tapi, setidaknya bisa saya usahakan. Kursusnya pun tidak harus harus dilengkapi kurikulum dan berbagai resources yang ada. Meskipun harus dimulai dengan menjawab pertanyaan via email, juga tidak jadi persoalan.

Yang penting, arahkan saya mengenai bagaimana memulainya. Apa yang harus saya lakukan dan pelajari, dan sebagainya.

Salah satu tujuan kedepannya, setelah saya bisa melakukan hal ini yaitu dengan kemampuan bisa membuat template blogspot sendiri, saya pikir saya akan menjadi lebih mudah untuk lanjut ke proses pembelajaran berikutnya yaitu membuat desain sendiri di platform lainnya seperti WordPress dan lain sebagainya.

Template blog yang ada sekarang itu sebenarnya banyak banget yang sudah bagus, keren dan profesional terutama dari developer di Indonesia. Hanya saja ada beberapa bagian yang tidak sesuai selera saya.

Apalagi kalau mau buat yang tampilannya minimalis dan super sederhana. Walaupun, tetap saja masih tampil terlalu moderen untuk seukuran orang kolot seperti saya. Tapi yang namanya developer, mau tidak mau harus bisa tahu kebutuhan pasar dan tren dan hal itu sangatlah lumrah serta bisa dimaklumi dengan baik.

Jika ada informasi, saran atau apapun terkait ini yang bisa membantu saya, mohon kiranya untuk memberitahu saya lewat komentar atau menghubungi email saya langsung. Saya tunggu! Mohon maaf jika ini merepotkan. Saya tidak tahu lagi bagaimana cara mencari guru untuk membimbing saya.

Comments