Cuma 2 Aplikasi Ini yang Bantu Saya Belajar Bahasa Inggris di Android

Belajar bahasa inggris itu susah-susah gampang dan gampang-gampang susah. Apalagi se-level saya yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata. Bukannya merendah, tapi masa iya bertahun-tahun belajar, masih saja sedikit yang bisa saya pahami. Mungkin, cara yang saya gunakan selama ini salah atau memang sayanya yang malas.

Untunglah sekarang jamannya teknologi. Gak menjamin saya juga bisa berbahasa dengan baik dan lancar sih, tapi setidaknya bisa lebih memudahkan.

Alhamdulillah-nya punya hp Android. Banyak yang menganggap biasa, karena saking banyaknya yang punya. Bukan barang mewah lagi bagi kebanyakan orang-orang. Tapi tetap disyukuri. Apalagi jika bisa dimanfaatkan untuk belajar, yaitu ENGLISH.

Banyaknya dukungan yang tersedia via play store-nya Google, tentunya semakin dimudahkan lagi untuk mengeksplorasi aplikasi apa saja yang ingin kita gunakan. Dari sekian banyak, akhirnya mau tidak mau saya pun menggunakannya untuk belajar bahasanya orang bule. Entah akan digunakan untuk apa nantinya. Saat ini paling dominan untuk baca berita saja.

Aplikasi belajar Bahasa Inggris

Teman-teman mungkin sudah punya sendiri aplikasinya di hp saat ini. Bisa jadi sama, bisa juga tidak. Bahkan, bisa jadi saya akan memasang aplikasi lain yang mungkin akan Anda sarankan. Who knows. Saya juga gak sering ngutak-atik mana pilihan apk terbaik untuk pembahasan ini. Asal sudah sesuai kebutuhan, biasanya susah move on untuk install yang lainnya. Tulisan ini juga terutama bagi yang lainnya yang benar-benar lagi nyari mana yang akan digunakan nantinya. So, langsung saja ya?

1. Duolingo

Aplikasi yang pertama ini sebenarnya baru beberapa hari saya tahu dan gunakan. Kemana saja saya selama ini, karena sepertinya buuuaaanyyyak sekali yang menggunakannya.

Duolingo untuk belajar Bahasa Inggris

Sejauh ini, memakai duolingo memiliki ketertarikan sendiri. Apalagi, rasanya kok sedikit seperti berinteraksi langsung. Interaktif. Awalnya, diperintahkan untuk menerjemahkan kata Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya. Kemudian, merambah kalimat. Setelah itu, perlahan-lahan mulai masuk ke pemahaman Anda dalam penggunaan struktur bahasa. Belum lagi di tes mengenai pengucapan kita sendiri aka speaking dari kalimat yang telah disediakan.

Sederhana memang. Namun, saya berpikir bahwa kemungkinan besar untuk beberapa bulan kedepan akan tetap menggunakannya. Hal ini karena adanya interaksi yang diciptakan oleh aplikasi dengan penggunanya.

Sebanyak apapun perbendaharaan kata yang kita hafalkan, kalau jarang digunakan - takutnya akan lupa lagi. Nah, dengan Duolingo maka pengaplikasian dari apa yang sudah kita ketahui sebelumnya bisa jadi akan sangat membantu sekali.

Apalagi kalau gak punya teman bule. Tambah repot.

2. Kamusku

Kalau yang kedua ini sepertinya sudah sangat jelas fungsinya. Bisa sangat membantu untuk kita mengetahui terjemahan kata yang belum kita pahami. Kelebihannya lagi, tetap bisa digunakan saat hp dalam kondisi tidak terhubung ke internet atau offline.

Banyaknya kamus kata yang dimiliki juga menjadi pertimbangan untuk memasangnya. Sudah setahun lebih apk ini saya gunakan. Mungkin bukan yang terlengkap. Namun sejauh ini, bisa menjawab hampir setiap kata yang ingin saya ketahui terjemahannya. Dan, yang terpenting juga adalah ringannya atau sedikitnya penggunaan RAM dan memori penyimpanan yang dibutuhkan.

Kedua aplikasi diatas, meskipun sangat saya sarankan, tetap saja bukanlah sebuah kewajiban untuk Anda. Jika ada saran mengenai aplikasi lainnya untuk belajar Bahasa inggris, silahkan bagikan via komentar di bawah.

Ok. Sampai jumpa lagi. Semoga kita bisa sama-sama memahami bahasa ini dengan mudah dan cepat.

Comments