Yang Selalu Menarik Dari maniakmenulis.com

Salah satu blog yang cukup sering saya kunjungi adalah maniakmenulis.com. Ok, saya akui bahwa beberapa bulan terakhir sepertinya saya sudah sedikit berkunjung atau tidak sama sekali kesana.

Yah, lupa aja. Namun jika ada yang bertanya apakah tahu tentang maniakmenulis.com, maka jawaban pastinya adalah "yes, blognya pak Anton, kan?"

Di bilang pembaca setia, mungkin bukan saya orangnya. Soalnya beberapa bulan terakhir saja saya sudah jarang berkunjung. Namun jika dikatakan penggemar, mungkin kata itu cukup merepresentasikan posisi saya.

Saya tidak tahu mengenai pembaca lainnya, namun bagi saya selalu ada beberapa hal menarik yang membangkitkan semangat untuk menulis di blog.

Seperti tulisan ini, juga terinspirasi dari kunjungan yang baru saya lakukan beberapa saat yang lalu setelah mempublikasikan mengenai ranking DA blog saya yang ternyata sudah naik menjadi 6 (ini masih sangat kecil).

No offense. Tapi harus diakui bahwa tidak banyak blogger seumuran pak Anton yang selalu menulis hampir setiap hari atau malah memang setiap hari. Apalagi, selain Maniak Menulis, juga tetap mempublikasikan tulisan di blog yang satunya yaitu LovelyBogor. Di beberapa postingan beliau juga tersurat bahwa selain kedua blog tersebut, masih ada blog lainnya yang diurus. Entah ada berapa jumlahnya.

Jangan bandingkan dengan jurnalis atau penulis senior lain deh, karena itu memang sudah pekerjaannya. Tidak bermaksud menyepelekan ya. Tapi memang begitulah adanya.

Membaca tulisan blogger lain, sebenarnya tidak sekedar sebagai salah satu cara untuk belajar bagi saya. Namun juga bisa dikatakan sebagai ajang rekreasi. Cukup menyenangkan bisa mengetahui apa yang menjadi perhatian pikiran seseorang karena sejatinya, membaca tulisan adalah juga membaca pemikiran orang tersebut terhadap sesuatu. Menurut saya sih begitu, tapi bisa saja saya keliru.

Selalu ada hal unik yang bisa saya dapatkan dari maniakmenulis.com. Mana tahu saya sebelumnya kalau ternyata kincir.com adalah websitenya Giring Nidji. Dan itu hanya salah satunya saja.

Dunia blogging yang biasanya terlalu sering berbicara mengenai uang, uang dan uang kemudian lebih diperluas lagi oleh pak Anton. Sebelumnya, saya akui bahwa saya termasuk korban dari tulisan yang bertemakan "make money blogging." Bukan penulisnya sih yang salah, arah pemikiran saya saja yang dulunya terlalu berharap ketinggian.

Seolah tidak ada pencapaian lain selain bagaimana mengubah trafik menjadi penghasilan. Dan ternyata maniakmenulis mampu memperlihatkan kepada saya bahwa topik mengenai dunia blog ternyata tidak sesempit yang saya kira sebelumnya.

Frekuensi postingan blog dan keunikan kontennya yang belum bisa saya ikuti. Namun hal tersebut menjadi pemacu semangat tersendiri untuk menggali lebih jauh lagi.

Dan kedua hal tersebut yang jarang saya jumpai di tempat lain yang kemudian selalu menjadi hal menarik bagi saya setiap berkunjung ke blog pak Anton. Selalu ada hal menarik dan penting untuk dibaca. Seolah saya akan merasa rugi jika tidak meng-update informasi disana.

Dan menurut saya pribadi, jenis blog dan konten unik serta berkualitas seperti yang ada di maniakmenulis.com itulah yang benar-benar dibutuhkan blogger oleh lainnya.

Tamat.

Comments